Gaya Hidup Kaum Urban

Gaya Hidup Kaum Urban - Lifestyle
Pergeseran budaya yang terjadi begitu terlihat khususnya pada gaya hidup kaum urban (perkotaan). Mulai dari kalangan abg, remaja hingga orang dewasa.

Tidak bisa dipungkiri budaya ketimuran yang merupakan asli masyarakat kita secara perlahan tapi pasti digantikan dengan lifestyle dari barat yang pada dasarnya memang tidak sesuai dengan berbagai macam norma yang ada ditengah-tengah masyarakat Indonesia.

Memang tidak semua budaya dari barat tersebut yang tidak cocok dengan norma-norma orang timur, namun secara keseluruhan lebih cenderung memang tidak baik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pergeseran yang sangat signifikan terlihat pada masyarakat perkotaan atau biasa juga disebut dengan istilah "kaum urban". Dengan beragam suku dan ras telah bercampur pada masyarakat perkotaan maka gaya hidup tidak lagi terpatok pada kebiasaan satu daerah, dan cenderung mereka lebih menganut gaya hidup bebas.

Masih berbeda suasannya dengan didaerah, walaupun tidak terbantahkah gaya hidup masyarakat di daerah juga telah terpengaruhi oleh budaya barat. Namun masih dalam batas tertentu, karena masyarakat yang masih menganut satu kebudayaan pada sebuah daerah tertentu cukup terlindungi serta berusaha untuk menghargai norma-norma yang berlaku pada daerah tersebut.


Gaya hidup atau lifestyle yang terkait pada banyak sisi seperti mulai dari gaya hidup berpakaian (fashion), pola hidup, bahasa, hingga pilihan dalam mencari hiburan atau kesenangan baik itu pribadi ataupun bersama. Salah satu gaya hidup masyarakat perkotaan saat ini khusunya kaum remaja adalah mencari hiburan di pusat-pusat perbelanjaan seperti Mall dan sejenisnya.

Kelengkapan fasilitas hiburan, makanan, serta produk khususnya fashion membuat Mall menjadi tempat tujuan favorit rata-rata masyarakat atau kaum urban. Bicara masalah hiburan, salah satu sarana yang cukup ramai dikunjungi adalah tempat karaoke. Apalagi saat ini bisnis yang dulunya memiliki kesan negatif dimata masyarakat kini telah dikelola dengan lebih baik dan sudah menjadi sarana hiburan yang disukai oleh masyarakat karena tempat karaoke juga telah disediakan untuk hiburan bagi keluarga.